Sabtu, 07 Maret 2009

Ditemukan Alkitab dari Zaman Yesus

[teamFajriFM]-- Cyprus ditemukan Alkitab kuno berbahasa Syriac. Katanya yang asli. Sebelumnya juga banyak temuan serupa. Jadi mana yang benar asli? Pejabat di utara Cyprus yakin telah menemukan Alkitab kuno yang ditulis dalam bahasa Syriac, dialek asli Yesus.

Manuskrip ditemukan polisi saat melakukan penggerebekan terhadap upaya penyelundup barang antik. Polisi menyatakan manuskrip itu berumur 2.000 tahun. Alkitab itu ditulis dengan huruf emas.

Ilmuwan masih meneliti apakah manuskrip itu benar asli atau palsu. Ilmuwan mengatakan penggunaan huruf emas pada manuskrip digunakan setelah 2.000 tahun.

"Kemungkinan kurang dari 1.000 tahun," kata Peter Williams, dari University of Cambridge seperti dikutip dari Reuters. Penyelundup terjaring operasi polisi pekan lalu dan 9 di antaranya ditahan untuk menunggu penyelidikan selanjutnya. Beberapa tersangka lain yang berhubungan dengan penyelundupan itu sedang dicari.

Penyelidikan lanjutan menemukan patung pendoa serta batu bergambar Yesus. Polisi mengenakan tuduhan penyelundupan barang antik, melakukan pencarian barang purbakala secara ilegal dan menyimpan bahan peledak.

Syriac merupakan dialeg asli yang digunakan oleh Yesus. Dialeg ini digunakan di wilayah Timur Tengah dan Asia Tengah.

Naskah Laut Mati

Sebelumnya, tahun 1947 dunia kekristenan dikejutkan dengan ditemukannya Dead Sea Scroll (Naskah Laut Mati) dari seorang bocah Baduin yang berusaha mencari dombanya yang hilang tanpa sengaja memasuki gua di Wadi Qumran, sebelah Barat Daya laut Mati.

Saat itu, sang pemuda masuk ke gua yang gelap dan tersandung pada gulungan benda yang panjangnya 2 kaki dan tebalnya 10 inci. Para gembala itu menjualnya ke toko antik di Bethlehem yang membeli beberapa gulung, dan seorang Archbishop dari gereja Orthodox Syria membeli sisanya.

Beberapa orang ahli menelitinya dan menyimpulkan bahwa gulungan itu adalah naskah asli Alkitab.

Akhir tahun 1951 kembali di sekitar gua-gua laut Mati, yaitu di gua Wadi Murabba ditemukan lagi gulungan-gulungan lain diantaranya juga terdapat gulungan Teks masoretik.

Hingga saat ini dikenal banyak versi Alkitab di dunia Kristen. Apa dan bagaimana Alkitab bahasa asli dan versi manakah yang akan diakuinya sebagai panduan dan sebagai otoritas yang final (The Final Authority) masih menjadi tanda Tanya. [hidayatullah.com]

diambil oleh Mashuri dari Situs Islam di http://fajrifm.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar