Kamis, 05 Maret 2009

“ Dimanakah Beasiswa Perguruan Tinggi Islam berada? “

Di Buat Oleh: Al-akh Muhammad Lukman al-Sundawy, SH, I.

Di koreksi Oleh: Abu Hanifah Muhammad Faishal al-Bantani.

Yayasan Islam Al-Qolam, Bekasi

Ternyata cukup banyak perguruan tinggi di luar negeri, terutama di Timur Tenggah, yang menyediakan beasiswa. Di bawah ini ialah sebagian di antaranya:

- Universitas Islam Ummul Qura’, Makkah (Saudi Arabia)

Universitas ini dikenal unggul dalam bidang pendidikan syari’ah. Laboratorium bahasanya megah dan lengkap, serta diutamakan untuk mahasiswa non-Arab. Selain itu juga ada fakultas ushuluddin dan adab. Semua fasilitas pendidikan gratis.

Calon mahasiswanya minimal tamatan SLTA atau Aliyah dengan indeks prestasi minimal 7,5. di samping itu harus mendapat rekomendasi dari Lembaga keislaman atau perorangan yang telah dipercaya dan dikenal oleh Ummul Qura’

- Universitas Al-Imam Muhammad Ibnu Saud’, Riyadh (Saudi Arabia)

Awalnya, perguruan tinggi bergengsi ini bernama Riyadh University. Di kenal pula dengan sebutkan University of King Saud. Terdiri atas banyak fakultas, antara lain fakultas kedokteran, manajemen, sastra, computer, dan pendidikan/tarbiyah.

Khusus untuk fakultas tarbiyah, ada Jurusan pendidikan agam islam semisal syari’ah dan ushuluddin. Calon mahasiswa haarus sudah tamatan SLTA atau yang setara, dan mengajukan lamaran melalui Lembaga yang telah mendapat pengakuan dari Universitaas King Saud. Berikutnya calon mahasiswa asing (non-arab) Wajib mengikuti Arabic Intitute sebagai lembaga remidiasi (persiapan) Bahasa Arab selama empat semester. Seluruh fasilitas pendidikannya gratis, dengan beasiswa sebesar 800 Real untuk setiap mahasiswa per bulan.

- Universitas Islam Madinah (Saudi Arabia)

Lembaga pendidikan ini dikenal unggul dalam sistem pendidikan syariahnya. Kebanyakan mahasiswa lulusannya melanjutkan jenjang pendidikan master atau doctor ke Universitas Ummul Qura’. Seleksi cukup ketat. Harus lulus SLTA atau Aliyah dari pendidikan yang diakuai oleh Universitas Islam (Jam’iyyah Islamiyyah) Madinah. Namun karena banyaknya yang mendaftar antreannya bisa sampai satu tahun.

Bagi yang diterima, mahasiswa bisa memanfaatkan semua fasilitas dengan gratis. Bahkan untuk pulang liburan satu thun sekali disediakan tiket pulang-pergi.

- Universitas Islam Al-Azhar, Kairo (Mesir)

Perguruan ternama ini telah berusia 1014 tahun. Ada banyak fakultas yang dimilikinya, di antaranya fakultas syari’ah, dakwah, ushuluddin, dan study keislaman. Sejak tahun 1952, Al-Azhar mengalami modernisasi dengan membuka fakultas kedokteran, teknik, pertanian, ekonomi, pendidikan, dan satra. Biaya kuliah tidak terlampau mahal dan tersedia beasiswa, tetapi untuk mendapatkannya harus melewati seleksi yang cukup ketat. Untuk program S-1, calon mahasiswa haruslah tamat SLTA/Aliyah atau Pondok Pesantren Muaddalah (yang diakui Al-Azhar).

Khusus calon mahasiswa asal Indonesia (NKRI) harus mengikuti ujian melalaui Departemen Agama (DEPAG) RI dengan materi hafalan Al-Qur’an, Bahasa Arab, pengetahuan Dienul Islam, Ujian tulis Pancasila, dan Pedoman Penghayatan dan Pengalaman Pancasila.

- Universitas Antar Bangsa, Kuala Lumpur (Malaysia)

Universitas yang disponsori oleh Rabithah Alam Islamiy ini mempunyai banyak fakultas keislaman, diantaranya Sejarah dan pengeatahuan islam (Islamic heritage and knowledge) dan ekonomi Islam (Islamic economics).

Calon mahasiswa harus mendapat rekomendasi dari Lembaga islam yang diakui, dengan membayar uang pendaftaran sebesar USD 15. sekalipun ada program beasiswa di sini, mahasiswa masih harus mengeluarkan biaya untuk menggunakan fasilitas pendidikan, seperti Laboratorium untuk penelitian.

- Universitas Bagdad (Iraq)

Mempunyai banyak fakultas, diantaranya fakultas kedokteran, teknik, pendidikan, administrasi dan kesekretariatan, syari’ah, ushuluddin, adab, dan tarbiyah. Orang asing (diluar Iraq) harus memenuhi syarat criteria tertentu. Di antaranya harus tamatan SLTA/Aliyah dan mendapat rekomendasi dari Lembaga-lembaga keislaman yang mempunyai hubungan dengan Lembaga ini.

Bagi calon mahasiswa yang diterima, akan diberi kesempatan untuk mengikuti persiapan Bahasa Arab selama satu sampai dua tahun.

- Universitas Islam Internasional, Islamabad (Pakistan)

Ada empat fakultas: ekonomi, syari’ah, Dakwah (ushuluddin), dan sastra Arab. Tersedia program S-1 sampai S-3. calon mahasiswa harus mengirim lamaran terlebih dahulu. Mahasiswa S-1 harus berasal dari SLTA/Aliyah yang diakui perguruan tinggi ini. Bagi yang ingin menempuh jenjang S-2 san S-3, harus mendapat rekomendasi dari Lembaga keislaman yang mendapat pengakuan dari Universitas Islam Internasinal, Islamabad (Pakistan).

- Universitas Internasional Afrika (Sudan)

Padatahun pertama, mahasiswa dikenai biaya. Memasuki tahun kedua, semua biaya ditanggung Lembaga. Mahasiswa bahkan mendapat uang saku USD 100 per bulan. Untuk dapat belajar di universitas ini, calon mahasiswa harus mengajukan lamaran melalui Yayasan-yayasan keislaman atau Lembaga-lembaga pendidikan yang telah mendapatkan pengakuan dari Universitas Internasional Afrika.

- Universitas Perminyakan dan Pertambangan Raja Fahd, Dhahran (Saudi Arabia)

Perguruan tinggi ini ialah universitas sains dan teknologi bertaraf Internasional. Warga setempat banyak berminat sekolah disini sehingga orang asing hanya mendapat jatah program S-2 dan S-3. mendaftar ke universitas ini cukup melalui internet atu surat. Calon yang lulus seleksi akan dipanggil dan mendapatkan penggantian biaya tiket.

- Universitas Tarbiyah As-Sa’siyah, (Kuwait)

Lembaga ini satu paying dengan Ma’had Technology Kuwait. Ada beberapa fakultas, seperti Bahasa Arab, Pendidikan Islam, Pendidikan dan ilmu jiwa, Olahraga, Seni, Sosiologi, dan Ilmu pengetahuan alam. Calon mahasiswa harus mengajukan lamaran melalui Kedutaan Besar Kuwait di Jakarta. Syaratnya harus lulus SLTA/Aliyah, serta mendapat rekomendasi dari suatu Lembaga atau seseorang yang mendapat pengakuan dari Tarbiyah As-Sa’siyah.

Seluruh orang asing mengambil program beasiswa, dan mendapat fasilitas asrama, makan dan tranportasi.

- Beasiswa di Suriah

A). Sekolah Pemerintah, Biaya pendidikannya gratis, namun untuk jenjang perguruan tinggi, ada beberapa biaya tambahan. Mahasiswa dari luar negeri bisa mendapatkan beasiswa sebesar 400 lira Suriah, disamping mendapat asrama gratis.

B). Sekolah Swasta (Ma’had), menyediakan asrama dan beasiswa. Secara financial, perguruan tinggi di sini sudah serba cukup sehingga tak memerlukan sumbangan dari mahasiswa.

Semakin tinggi jenjang pendidikan, beasiswanya semakin besar. Namun peraturannya juga ketat. Bagi yang gagal naik tingkat, mahasiswa akan dikelurakan.

- Lembaga Ilmu Pengetahuan Islam dan Arab (LIPIA), Jakarta (Indonesia)

Nama resminya ialah University of King Ibnu Saud (cabang Indonesia), namun masyarakat Indonesia lebih Mengenalnya sebagai LIPIA. Setiap tahun, Lembaga pendidikan ini menerima 300-400 mahasiswa. Ada 4 program yang diasuh Lembaga ini yaitu: I’dad (persiapan Bahasa Arab), Takmili (persiapan masuk Universitas), Program Diploma, Program S-1 Syari’ah.

Mahasiswa S-1 LIPIA mendapat beasiswa 200 Riyal perbulan, sedangkan program lainnya 100 Riyal. Juga tersedi asrama. Alumnus LIPIA yang berprestasi baik dapat melanjutkan program studinya di berbagai perguruan tinggi di Saudi Arabia dalam program beasiswa lanjutan.


Bagi Saudara/I Muslim yang ingin berkerjasama yakni dalam:

1) Mencetak dan menerbitkan buku-buku/kitab bermanhaj Ahlusunnah wal Jama’ah.

2) Memberikan santunan untuk para da’i dan kegiatan Dakwah kepada orang-orang diluar islam untuk memeluk islam dan mengajarkan orang-orang yang baru untuk memeluk islam.

Memberikan bantuan dana dan buku-buku islam kepada Lembaga-lembaga social serta Islamic centre.

3). Membangun sarana peribadatan umat Islam serta perpustakaan islam.

4). Mengirimkan da’i-da’i ke tempat kaum muslimin yang berada dalam kebodohan dengan Tujuan mengajarkan persoalan-persolan agama kepada mereka serta menghancurkan program permutadan, Syirik, Tahayul, Bid’ah, Khurafat yang tersebar di tengah masyarakat, dll.

Silahkan anda berkerjasama dengan nama Lembaga-lembaga islam dibawah ini.

1) An Nadwah Al Islamiyah Lissabab Al Islami (Riyadh, Saudi Arabia).

2) Haeatul Igatsah Al Islamiyyah Al ‘Alamiyah (Jeddah, Saudi Arabia).

3) Islamic Propagation Office In Rabwah (Riyadh, Saudi Arabia).

4) Haetul ‘Ulya Lil Istiqbal At Tabarru’at Limuslimil Bosnia Herzegovina Wa Somalia (Riyadh, Saudi Arabia).

5) Lajnah Al Muslim Afriqia (Kuwait, Saudi Arabia).

6) Muassasah Al-Haramain (Riyadh, Saudi Arabia).

7) Lajnah Dakwah Al Islamiyah (Kuwait, Saudi Arabia).

8) Lajnah Alam Al Islami (Kuwait, Saudi Arabia).

9) Lajnah Al Munasarah Al Khairiyah (Kuwait, Saudi Arabia).

10) Lajnah Jam’iyah Ihya At Turats Al Islami (Kuwait, Saudi Arabia).

11) Lajnah Al Islamiyah lil Igatsah (Uni Emirat Arab, Saudi Arabia).

12) Haetul Igatsah Al Insaniyah (Mesir).

13) Al Iqatsatul Islamiyah (Inggris).

14) Al Muntada Al Islamy (Inggris).

Di ambil dari kitab Daliil Al Muhsiniin (Al Munfiqiin) karya Syaikh Abdullah bin Muhammad bin Ibrahim al-Atiq.

Untuk di Indonesia anda bisa berkerjasama dengan nama Lembaga-lembaga Islam dibawah ini.

1) Tasjilat Al-Sofwa al-Islamiyyah, Telp. (021) 78838103 Website: www.alsofwa.or.id

2) Lembaga Dakwah dan Taklim (L-Data), Jakarta, Jln. Kebon Nanas Utara II, RT.004/04, No.12, Kel.Cipinang Cempedak, Kec. Jatinegara, Jakarta Timur Telp. (021) 8199992 fax. (021) 8517706

3) Lembaga Dakwah Sunniyyah Indonesia (eLDaSI), Telp. (021) 70702891

4) Yayasan Islam Al-Huda, Bogor & Harakah Sunniyah untuk Masyarakat Islami (HASMI), Telp. (0251) 650282/(0251) 388006 fax. (0251)389788 Website: www.harakahsunniyah.org

Disebarluaskan oleh:

Markaz Dakwah Islamiyyah Yayasan Al-Qolam, Bekasi, Jawa Barat

Alamat: Pengasinan, Rawalumbu, Bekasi Timur, Kota Bekasi

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar